4 Cara Mudah Perbaiki CMOS yang Rusak dengan Cepat

4 Cara Mudah Perbaiki CMOS yang Rusak dengan Cepat
Welcome back to HaxorWorld, disini Gue ingin membagikan Trick & tips yaitu Cara Mudah Perbaiki CMOS yang Rusak dengan cepat. Aduh, sorry Ane udah lama nggak Update soalnya rasa Males udah, wahhh lah di kehidupan ane, udah ada 3 bulan ane nggak nulis artikel lagi, coba ente liat aja, postingan terakhir ini dengan yang sebelumnya, asli jauh banget jarak nya. 

Alasan pertama gue Nggak nulis artikel adalah:
1. Males Nulis 
2. Laptop Rusak 
3. Sesewifan di Instagram 
4. Nonton Youtube
5. Nggak ada duit tuk beli kuota 
6. Ke wifi malah lakuin yang 3 ama 4
7. Maen game Hago dan dapet cewek khayalan. 
8. Bacot 

Nah, jadi itu alesan, gue jarang nulis artikel. Please, jangan di tiru. Oke, sekarang lanjut kepembahasan. 


Ada 4 Langkah-langkah untuk memperbaiki masalah CMOS yang rusak

1. Reset BIOS ke setelan pabrik
2. Flash BIOS 
3. Setel ulang baterai
4. Ganti Batre 

Ane bakalan jelasin, satu persatu. 

CMOS Corrups adalah kejadian yang biasa terjadi. Hampir setiap orang yang miliki pc/Laptop, pernah memiliki permasalahan ini. 

Namun, hampir kebanyakan orang, kalau CMOS rusak, berfikir nya tuh di daerah Motherboard nya yang rusak. 

BIOS / UEFImight yang sering menjadi masalah, atau baterai CMOS rusak. Perkiraan umur panjang nya adalah sekitar 3 tahun.

Umur nya juga terbilang, sangar lah Muda, hanya 3 tahun saja, untuk itu, disini saya ingin mencoba memperbaiki CMOS yang Rusak dengan Langkah langkah, atau Cara Mudah Memperbaiki CMOS yang Rusak dengan Cepat. Dengan tujuan agan juga bisa mengerjakan nya sendirian tanpa bantuan teknisi. 

Cara Mudah memperbaiki CMOS yang rusak dengan Cepat 

1: Atur ulang BIOS ke Setelan Pabrik 

Langkah pertama yang harus Agan lakukan ketika semua dan masalah yang berhubungan dengan BIOS muncul adalah mencoba dan mengembalikan konfigurasi default. Ini adalah solusi/cara jitu jangka panjang jika perangkat keras rusak, tetapi mungkin masih bisa membantu.

Agan jangan asal gegabah, jangan langsung ganti Batre CMOS nya, karena kita disini perlu bergerak secara bertahap sebelum menuju ke penggantian Baterai. Jadi, caranya itu gini. 

Booting ke pengaturan BIOS / UEFI adalah cara mudah yang dapat di lakukan pada Windows 8 kebawah. 

Namun, pada Windows 10, karena opsi boot Cepat, layar awal akan dilewati dan Agan tidak akan dapat mengakses salah satu menu. Itulah mengapa Ane ingin Agan mengikuti langkah-langkah yang Ane daftarin di bawah ini, langsung praktek ye:

1. Tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan/Setting.
2. Pilih Update & Security
3. Pilih Recovery dari panel sebelah kiri.
4. Dibawah the Advanced startup, click Restart now.
5. Pilih Troubleshoot
6. Pilih Advanced. 
7. Pilih UEFI Firmware Settings dan click Restart.
8. Atur ulang semua pengaturan ke default dan reboot PC Agan .

2: Flash BIOS

Salah satu faktor yang sering terjadi, seperti kesalahan "CMOS checksum" karena BIOS yang ketinggalan jaman 

Di sisi lain, kesalahan itu dapat muncul jika Agan mem-flash versi BIOS yang salah. Itulah, mengapa Ane menyarankan Agan untuk meng Update BIOS ke versi terbaru

Nah, untuk Agan yang masih ragu tuk mencoba masuk ke BIOS karena belum terbiasa dengan tampilan nya, jangan khawatir, ane bakalan asli tau cara memflash BIOS. 

hanya ada dua cara untuk memflash BIOS

Cara yang pertama, dengan cara mengaktifkan seluruh prosedur, jika pc agan masih tetap mati berarti masalah nya di Motherboard. 

Cara kedua dengan cara melihat/memeriksa Versi Update untuk motherboard yang agan pake. 

Dengan melihat/memeriksa nomor model motherboard Agan bisa mencari Update-an nya secara online. 

Jika masih ada suara beep, pada saat perbaikan, coba agan Gunakan tools yang di sediakan oleh OEM. OEM menawarkan pembaruan secara langsung dari agar menu BIOS lebih baik lagi. 

Cara Mudah Perbaiki CMOS yang Rusak dengan Cepat 

3: Setel Ulang Baterai 

Cara Mudah Reset Baterai CMOS sangat lah mudah. Agan hanya memerlukan beberapa alat obeng kecil membukanya pada casing. Trik ini juga berlaku pada laptop. 

Cabut sekrup ny menggunakan obeng kecil, lalu Agan bakalan bisa liat Jumper Kecil di sebelah baterai CMOS {ada tulisan "Reset CMOS"} cabut dan biarkan selama 20 detik, dan pasang kembali ke sumber listrik. 

Jika Agan tidak menemukan Jumper, cukup keluarkan baterai selama 10 menit lalu pasang kembali. Perhatian, Lakukan dengan hati-hati untuk menghindari pemutusan klip logam yang menahannya. 

4: Ganti Baterai/Batre

Cara Mudah Perbaiki CMOS yang Rusak dengan Cepat yang terakhir adalah dengan cara mengganti Baterai. 

Agan udah lakuin trik 1,2,3 tapi masih nggak mau juga. Ini lah langkah terakhir yang Agan bisa lakukan. 

Jika baterai mati, Agan harus menggantinya dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas. Seperti yang Anda lihat sendiri, baterai kemungkinan besar memegang nomor model CR2032. Ini adalah sel baterai lithium sel baterai jam tangan standar. Jadi Agan tidak akan kesulitan mencari pengganti mudah dicari online maupun offline. 

Jika masalah terus berlanjut, perangkat keras yang rusak harus disalahkan. Baik motherboard rusak atau Unit Catu Daya rusak dan penggantinya adalah wajib.

Jika masalah masih berlanjut, ini mah Salah perangkat Keras yang lain, kaya motherboard yang Rusak atau unit catu daya rusak, kalau sampe rusak agan wajib ganti. 

Okelah, sekian tutorial dari ane, kalau ada pertanyaan, jangan Sungkan tuk bicara, gue in sya allah OL 24 jam.

Akhir kata dari gue, see you next time. 
Share This :