Cara Agar Tidak Malas dan Rajin Menulis - HaxorWorld

Cara Agar Tidak Malas dan Rajin Menulis - HaxorWorld

Welcome back to HaxorWorld, disini gue ingin curhat dikit tentang kegiatan gue kenapa gue belajar jadi penulis dan kenapa harus rajin nulis kenapa lagi bahasa nulis gue kaya gini, beda dari yang lain gitu, yang lain mah cara nulisnya itu baku, tapi kalau gue mah apa adanya, karena gue kalau ngobrol ama orang juga kaya gini. Jadi, dikesempatan kali ini gue ingin ngebongkar sambil curhat yaitu Cara Melatih Menulis Biar Rajin Menulis Artikel, Novel, Cerpen, Dialogue, dan lain nya versi HaxorWorld. Oke, langsung aja, here we go!!!

Dilarang Ngeluh...

Nulis itu emang harus pake niat dulu men, kalau nggak pake niat, biasanya selalu gagal, coba ente niat dulu dari sekarang  "Niat Saya Menulis Artikel Tiap Saya Pengen Nulis Lillahita'ala" In sya allah, semua bakalan lancar men. Nulis asli gambar, yang penting satu men Jangan Ngeluh, bangun tidur ngeluhhh, buat statu di Whatsapps tuh isinya ngeluh mulu, buat konten youtube, ngeluuuhhh. Asli uyy, kebanyakan orang orang jaman now gitu kegiatannya ngeluh mulu. Padahal, allah swt juga sudah memberitahu kita kalau kalian bersyukur maka akan ditambahkan lagi apa yang kalian syukuti itu dan sebaliknya. Coba huuh, ente sekarang buat prinsip, dikala ente punya masalah atau problem, please jangan sampe si masalah itu jadi fikiran terus, lawan si Fikiran kampret itu demi kemerdekaan menulis. Bukan untuk para penulis aja, untuk kaum alay, tik tok dan musicolly, gue jijik njir ama begituan, dikit dikit ngeluhhh, maen buka bukaan sembarangan, blahan TT. Ah parah lah.

Jadi, ubah gitu, kebiasaan buruk kalian itu dengan cara jangan galau pas lagi galau, ngerti nggak?, maksudnya, kalau ente punya masalah jangan di curhatin di medsos dan jangan dibawa ke kehidupannya ente, kalau ada masalah Ganti si Prinsip masalah mu itu dengan kesenangan, apa aja, salah satunya dengan cara

Daripada ngeluh, mending agan sering sering baca artikel orang, buka instagram jangan liat cewek yang lagi buka bukaan,jangan. Tapi agan cari info update terbaru penting yang menurut agan wow. Satu-Satunya jalan untuk mendapatkan kenikmatan dalam membaca adalah dengan membuat tulisan sendiri. Sesuatu yang ingin saya baca. Dan saya benar-benar melakukannya.

Jalan Jalan

Jika agan punya masalah pas waktu nulis, biasanya nih gara gara jarang jalan jalan istilah kerennya mah, "He'es Wae di Imah". Coba ente refreshing sesekali ke sebuah tempat atau wisata biar rasa stres agan ilang dengan sendirinya, dan pastinya agan akan dapat inspirasi baru untuk menulis pada saat jalan jalan dan hasilnya juga bakalan lebih rapi. Asli, pasti ada.

Satu hal, yang sering gue lakuin ialah "Kalau Nulis Artikel, Gue Suka Pundah Pindah Tempat". Kita sebagai anak blogger Jangan netap diwarkop itu mulu, coba ente cari warkop yang beda, kalau bisa tiap harinya ganti tempat, pasti agan akan mendapatkan hal yang baru disetiap tempat yang agan tempatin. Itu pasti dan kalau agan udah nemu tempat yang pas, coba agan langsung buat...

Buat Target

Loe pengen nulis artikel tiap berapa hari sekali, setahun sekali, sebulan, seminggu, 3 hari sekali, atau tiap hari. Buat target men, pasti ente bakalan sukses dengan cepat. Emang sih kalau cara belajar menulis dengan membuat target itu mudah mudah susah, tapi kalau agan tiap hari lakuin si target itu, pasti agan bakalan auto Boom. Malahan makin banyak nulis, makin banyak kemingkinan juga artikel agan masuk Page one. Wow, lakuin aja ye.

Konsisten

Point yang paling penting menurut gue ialah konsisten, asli sangat susah kali kalau pengen bisa konsisten itu, nggak semudah apa yang ente bilang, asli sangat susah. Kampretluh, harus konsisten. Gue juga sampe sekarang masih belum bisa konsisten, Ntah kenapa itu juga, tapi gue nyoba nyoba dan nyoba lagi, biar jadi kebiasaan. Coba, ente buat semacam Pemikiran ke diri sendiri "Gue Harus Konsisten, Everyday, Everythink, Every-everyan". In Sya Allah sukses men. 

Lakuin target yang agan buat, jangan main main, main main boleh, tapi ada waktunya. Contoh, kalau agan pergi ke wifi, rencana pengen nulis 1 artikelah, tapi kalau agan malahan maen hp dari awal, ada kemungkinan agan nggak bakalan jadi nulis atau sebaliknya, pas lagi nulis ada pesan WA masuk dan akhirnya agan malah fokus ke WA agan, asli kampret, itu pengalaman gue men dan akhirnya duit goceng gue melayang dan nggak ada tulisan dikitpun yang gue tulis. Tulisan ada sih, tapi tulisannya chat ama gebetar orang "<.

Kesimpulan

Jadi saran ane, agan harus bisa jadi diri sendiri pas waktu nulis dan atur waktu kapan mau nulis kalau udah waktunya nulis harus maksain nulis. Gue udah ngutip dari beberapa blog yaitu, cara agar tidak malas nulis yaitu:

Rajin Berdoa
Buatlah Target
Rajin Membaca
Buat Tulisan yang Ingin Anda Baca
Jangan Berhenti Saat Kehabisan Ide
Niatkan untuk Belajar
Bersenang-senang dengan Menulis
Berkumpul dengan Pecinta Literasi
Piknik!
Menulislah, Sekarang!

Coba agan lakuin trik mastah diatas, pasti agan bakalan auto rajin nulis sendiri. Cara penulisan artikel padahal bebas, yang membuat agan kesulitan ialah agan sendiri. 

Babang dedisetiawan pun berkata “Tidak ada cara terbaik untuk melawan malas selain menjadi rajin!” dan "ketika sudah tiba jadwal menerbitkan konten, tidak ada lagi alasan apapun untuk tidak melakukannya" by Shid4. Kata orang, mereka yang berniat belajar tidak akan pernah kalah. Dan saya mengikuti nasihat tersebut.

Okelah, sekian perbacotan dari gue, jika ada kata kata gue yang jelas, itu kebetulan karena semuanya nggak jelas. We Are Blogger, nulis apa yang pengen di tulis, jangan terpaku ama kata/bahasa baku, kalau kaku nulis juga kaku, dan kalau kaku, ujung ujungnya males nulis.Jadilah diri sendiri, Oke :v. Jangan lupa kalau ada pertanyaan seputar blogger jangan sungkan untuk komentar dibawah.

LOGIKANYA GINI...!!!

"Buat Apa Gue Nulis Kalau Nggak Ada yang Baca...!"

Siapa aja yang datang kesini, tolong tinggal kan jejak dengan menekan tombol "F", terima kasih.

Akhir coretan dari gue, See You Next Time...

Terkait:
Share This :